Powered By Blogger
http://arif-healthy.blogspot.com/

Sunday, November 6, 2011

Melakukan Teknik Pencabutan Implant Metode Standar

Melakukan Teknik Pencabutan Implant Metode Standar:
INFORMATION SHEET

Topik Keterampilan : Melakukan Teknik Pencabutan Implant Metode Standar
Tujuan : Setelah melakukan demonstrasi, mahasiswa diharapkan dapat melakukan teknik pencabutan implant metode Standar dengan benar.
Alat Bantu : OHT dan Flipchart

REFERENSI : 1. Nuswantari D, Ed. 1998. Kamus Saku Kedokteran DORLAND. Jakarta : 113 - 392
2. Saifuddin AB, Djajadilaga, Affandi B, Bimo, eds. 1996. Buku Acuan Pelayanan KB. Jakarta : NRC POGI – YBPSP : 11.1 - 48
3. Saifuddin AB, Affandi B, Lu ER, eds. 2003. Buku Panduan Pelayanan Kontrasepsi. Jakarta : YBPSP : PK.32 – 42

TEORI SINGKAT
Tidak seperti pada pemasangan, pelepasan implant tidak perlu menunggu saat haid dan dapat dilakukan setiap saat. Pencabutan implant memerlukan waktu lebih lama daripada pemasangan dan seringkali lebih sulit dibanding saat memasang. Pemasangan yang baik tepat dibawah kulit akan memudahkan pengangkatan.
Teknik Standar pencabutan implant dengan menggunakan klem mosquito atau Crile untuk menjepit kapsul telah digunakan sejak awal 1980-an, yang secara rinci disebarluaskan oleh WHO pada tahun 1990.

Indikasi pencabutan :
? Setelah tiga tahun insersi implant (Jadena)
? Atas permintaan klien
? oleh karena adanya keluhan
? oleh karena ingin hamil
? Keadaan yang tergolong sebagai perhatian khusus bagi insersi implant, sehingga sebaliknya mengganti dengan cara nonhormonal yang lain.

KESELAMATAN KERJA :
1. Pastikan syarat dan indikasi pemasangan implant pada klien sudah terpenuhi sebelum melakukan tindakan pencabutan implant.
2. Jagalah kesterilan alat dan bahan yang digunakan.
3. Lakukan tindakan pencabutan implant dalam ruangan yang sesuai standar.
4. Gunakan sarung tangan bebas bedak untuk mencegah infeksi silang serta untuk mencegah terbentuknya jaringan ikat pada luka insisi.
5. Jangan meneruskan tindakan pencabutan, bila ada kapsul yang belum tercabut setelah dilakukan tindakan selama 30-40 menit.
6. Lakukan teknik pembuangan sampah/limbah bekas pakai sesuai prosedur.

? Dalam materi ini, akan ditemukan istilah :
Insisi : irisan atau luka yang dihasilkan oleh pemotongan dengan alat yang tajam.
Aspirasi : pengeluaran dengan pengisapan, seperti pengeluaran cairan atau gas dari rongga tubuh (dalam materi ini pengisapan darah dari pembuluh darah dengan menggunakan spuit).
Larutan antiseptik : substansi yang akan menghambat pertumbuhan dan perkembangan mikrooganisme tanpa perlu mematikannya.
Anestesi lokal : suatu obat yang menyebabkan mati rasa dengan melumpuhkan ujung syaraf sensorik atau serabut syaraf pada tempat pemberian obat.
Epinefrin : hormon katekolamin yang merupakan perangsang sistem syaraf simpatis dan vasopressan yang kuat, meningkatkan tekanan darah, merangsang denyut dan otot jantung, serta meningkatkan curah jantung.

No comments:

Post a Comment