Powered By Blogger
http://arif-healthy.blogspot.com/

Thursday, November 3, 2011

Karsinoma Hepatoseluler


Karsinoma hepatoseluler merupakan tumor ganas hati primer yang berasal dari sel – sel hepatosit.


Karsinoma Hepatoseluler merupakan satu dari lima jenis kanker terbesar di dunia dan mencapai 5,4% dari seluruh kanker yang menyerang hati manusia2. Merupakan urutan ketiga dari jenis kanker yang paling sering menyebabkan kematian di dunia dengan perkiraan 560.000 kasus baru pertahunnya.


Tumor ini sangat prevalen di daerah – daerah tertentu dan ditemukan sekitar tiga perempat di sub sahara Afrika ( Afrika selatan dan Mozambique) dan Asia Tenggara (Cina, Hongkong, Taiwan, Korea dan Jepang)4. Insidennya meningkat secara bervariasi di dunia sesuai prevalensi dari infeksi hepatitis B dan C. Umumnya terjadi pada laki – laki dibanding wanita dengan rasio 8:1 pada daerah beresiko tinggi seperti Cina, Jepang dan sub sahara Afrika.


Lebih dari 80% pasien karsinoma hepatoseluler menderita sirosis hati. Karsinoma Hepatoseluler biasa dan sering terjadi pada pasien dengan sirosis hati yang merupakan komplikasi hepatitis virus kronik. Hepatitis virus kronik merupakan faktor risiko penting terjadinya penyakit ini. Virus penyebabnya adalah virus hepatitis B dan hepatitis C. Jumlah penderita karsinoma hepatoseluler terbesar akibat infeksi virus hepatitis B (HBV) secara kronik ditemukan di negara – negara Asia timur (>30 per 100.000 orang). Walau demikian, jumlah penderita karsinoma hepatoseluler di daerah prevalensi HBV yang sama, dapat menunjukkan keragaman tingkat penderitaan karsinoma hepatoseluler tersebut. Hal ini disebabkan adanya faktor risiko yang melatar belakanginya berbeda pula.3 Bayi dan anak kecil yang terinfeksi virus ini lebih mempunyai kecenderungan menderita hepatitis virus kronik daripada dewasa yang terinfeksi virus ini untuk pertama kalinya. Tampaknya virus ini memiliki hubungan yang erat dengan timbulnya karsinoma hepatoseluler.


Adapun klasifikasi dari karsinoma hepatoseluler primer :


v Karsinoma yang berasal dari :


- sel – sel hati disebut karsinoma hepatoseluler.


- sel – sel saluran empedu disebut karsinoma kolangioseluler.


- campuran kedua sel tersebut kolangiohepatoma.


v Karsinoma yang berasal dari jaringan hati :


- fibrosarkoma


- Hemangioma-Endotelioma


- Limfoma Maligna


- Leiomiosarkoma.


Secara makroskopis karsinoma hepatoseluler dibedakan atas :



  1. Tipe massif : biasanya di lobus kanan, batas tegas, dapat disertai nodul – nodul kecil disekitar massa tumor biasa dengan atau tanpa sirosis.

  2. Tipe nodular : terdapat nodul – nodul tumor dengan ukuran yang bervariasi tersebar di seluruh hati.


Tipe difus : secara makroskopis sukar ditentukan daerah massa tumor

No comments:

Post a Comment