Powered By Blogger
http://arif-healthy.blogspot.com/

Tuesday, February 28, 2012

Manfaat Dan Khasiat Teh Hijau Untuk Kesehatan


Teh merupakan salahsatu minuman yang begitu familiar dan banyak peminatnya di wilayah asia dankhususnya di Asia Tenggara. Di Indonesia meminum teh dilakukan setiap hari,berbeda dengan di wilayah eropa minum teh biasanya dilakukan hanya apabila adaperayaan khusus, meminum teh memang banyak manfaatnya, teh minuman yangmenyehatkan jelas karena kandungannya yang sangat baik bagi tubuh.

Selama ini banyakorang sering menggunakan teh hijau sebagai minuman kesehatan. Ternyata,berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli, manfaat teh hijau untukkesehatan sangatlah banyak.Teh hijau mengandung zat antioksidan yang dapatmenolak racun yang akan masuk ke tubuh kita. Teh hijau juga mengandung vitaminE dan vitamin C yang bermanfaat untuk memperkuat daya tahan tubuh, kesehatankulit, dan kesehatan rambut.
Dalam teh Hijaukandungan senyawa polifenol yang sangat banyak berperan sebagai pelindungterhadap kanker. Polifenol tergolong dalam antioksidan yang sangat ampuh.Senyawa ini akan menetralkan radikal bebas yang menjadi penyebab kankertersebut.
Radikal bebassendiri terbentuk secara alami dalam tubuh. Molekul ini dapat merusak sel-selmanusia. Orang menduga bahwa molekul inilah salah satu penyebab kanker,termasuk berbagai jenis penyakit lain seperti penyakit jantung dan penuaan.
Daun teh hijau yangtelah dikeringkan terdiri dari 40% polifenol. Selain dapat memerangi kankerpayudara, zat ini juga diyakini dapat menurunkan risiko kanker lambung, paru-paru,usus besar, dubur, hati, dan pankreas.
Manfaat Teh Hijauantara lain adalah sebagai antioksidan, memperbaiki sel-sel yang rusak,menghaluskan kulit, melangsingkan tubuh, mencegah kanker, mencegah penyakitjantung, mengurangi kolesterol dalam darah, melancarkan sirkulasi darah. Maka,tidak heran bila minuman ini disebut-sebut sebagai minuman kaya manfaat.
Ada pula yang harusAnda perhatikan saat Anda minum teh agar zat yang berguna dalam tubuh tidakhilang, antara lain:
Jangan minum tehsaat atau sesudah makan kerena zat yang terkandung dalam makanan dapat dicurioleh zat stimulan teh.
Jangan minum teh saat perut kosong sebab dapat meningkatkan produksi asamlambung.
Hindari minum teh dicampur dengan gula karena menyebabkan zat-zat yangdikandungnya menjadi berkurang.
Jangan minum teh yang sudah semalaman karena sudah banyak zat nya yangteroksidasi dan basi sehingga berdampak tidak baik untuk tubuh.
Hindari minum teh saat hamil dan menyusui. Karena kafein dan zat stimulan padateh bisa merangsang kontraksi rahim. Selain itu untuk ibu menyusui akanmengganggu produksi kelenjar penghasil susu ibu atau ASI.
Khasiat TEH HIJAU
Khasiatnya antara lain :
Khasiat teh bagi kesehatan telah dikenal ribuan tahun yang lalu. Dalam penelitianilmiah, ditemukan kegunaan teh secara farmakologi bagi tubuh manusia.Disebabkan karena adanya berbagai jenis senyawa kimia seperti asam amino,alkaloid murni, zat aromatic dan vitamin.
Kandungan vitamin Cdalam teh lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan yang ada di apel, tomatdan jeruk nipis. Sedangkan B12 besarnya 10 – 20 kali lebih tinggi dibandingkandengan yang didapat dalam sereal dan sayuran, dan komponennya tidak mudahdidapat pada makanan lain.
Teh mengandung asamamino yang diperlukan oleh tubuh, kaya akan mineral dan berbagai vitamin.Seorang peminum teh yang secara teratur minum teh dengan dosis rasional, akanmendapatkan suplai nutrisi yang teratur bagi tubuhnya dan menyebabkanterbentuknya kekebalan alami.
Dari hasilpenelitian di Uni Soviet teh hijau maupun teh hitam, berfungsi sebagai salahsatu unsur yang dapat membantu agar tak mudah terserang penyakit. Pakarpeneliti dari Chinnese Academy of Preventife Medicine di Cina, setelahmempelajari 17 jenis teh dapat membuktikan bahwa teh dapat memperlambatterbentuknya nitrosamin di dalam tubuh.
Selain itu beberapaunsur dalam teh dapat mendeteksi perkembangan sel tumor yang terdapat padabeberapa bagian dari tubuh manusia.
Senyawa dalam tehdan fungsinya :
1. KATEKINMenurunkan kadarkolesterol
Menurunkan tekanan darah dan kadar gula dalam darah
Anti kanker, factor anti mutant
Membantu kerja ginjal mencegah terjadinya batu empedu
2. POLIFENOL/TANINMemperlancarpencernaan, membunuh bakteri disentri
Memiliki fungsi anti oksidan
Melarutkan lemak
3. KAFEIN (Theophyiline Theobromine)Menstimulasi pusatsyaraf
Memperlancar sirkulasi darah, membantu fungsi ginjal
Meningkatkan konsentrasi
4. MINYAK ESENSIMemperlancarpencernaan dan melarutkan lemak
Sumber aroma teh
5. FLAVANOLSMenguatkan pembuluhdarah, memiliki fungsi antioksidan
6. FLUORIDE (Menganese, Zinc, Potassium)Mencegah kerusakangigi
7. VITAMIN CMencegah danmelawan influenza
Mengurangi stress
Menurunkan tekanan darah tinggi
Memiliki fungsi anti oksidan
Melindungi kornea mata dan sinar UV (mencegah katarak)
8. VITAMIN EMencegah penuaandini
Mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke
Mencegah pembentukan lemak di pembuluh darah
9. VITAMIN B KompleksMembantu metabolismkarbohidart
10. MONOCITRATEMencegah bau mulut(nafas tidak segar)
11. CHLOROPILMengharumkan mulut
Cara menyeduh teh hijau :
Ambil satu sendokmakan teh hijau (+ 10 gram) masukkan dalam satu liter air mendidih, tutup rapatdan biarkan 5-10 menit baru siap untuk diminum. Takaran untuk satu gelas cukupsatu sendok teh (2 gram).
Membuat BIANG TEH untuk keluarga : Ambil dan masukkan 4 sendok makan teh hijauke dalam teko, diseduh dengan dua liter air mendidih. Setiap akan menghidangkanminuman, campurannya adalah : ½ gelas biang teh + ½ gelas air putih panas. Agarterasa nikmatnya minum teh, minumlah selagi hangat.
Dianjurkan minum teh hijau setiap hari secara teratur 3 sampai 5 cangkir sesuaidengan takarannya sehingga khasiat dari teh hijau terasa manfaatnya.
Bila dibandingkan dengan jenis minuman lain, teh ternyata lebih banyakmanfaatnya. Minuman ini bisa mencegah atau membantu penyembuhan penyakit ringansejenis influenza hingga yang berat macam kanker. Jenis tehnya juga bisadipilih menurut selera masing-masing.
Banyak sekalimanfaat dari meminum teh,sudah harganya relatif murah, teh juga banyakmenfaatnya bagi tubuh kita. Sudah banyak buktinya kenapa kita tidak mencoba?

No comments:

Post a Comment