Powered By Blogger
http://arif-healthy.blogspot.com/

Saturday, January 28, 2012

Periodontitis

Periodontitis adalah infeksi gusiserius yang merusak jaringan lunak dan tulang yang menyangga gigi anda.Periodontitis dapat menyebabkan gigi tanggal atau yang lebih buruk,meningkatnya risiko serangan jantung atau stroke dan masalah kesehatan seriuslainnya.

Periodontitis adalah umum tetapidapat dicegah. Periodontitis biasanya diakibatkan kurangnya kebersihan mulut.Menyikat gigi setiap hari dan berkumur serta pemeriksaan rutin dapat mengurangirisiko terkena periodontitis.

Gejala :

Tanda dan gejala periodontitisantara lain:

§ Gusi bengkak
§ Gusi merah terang ataukeunguan
§ Gusi terasa kebal ketikadisentuh
§ Gusi yang terdorongmaju, membuat gigi terlihat lebih panjang
§ Jarak yang timbul diantara gigi
§ Napas bau
§ Rasa tidak enak padamulut
§ Gigi tanggal
§ Perubahan pada bentukbarisan gigi
Ada beberapa jenis periodontitis.Yang paling umum adalah jenis periodontitis kronis yang paling banyak menyerangmereka yang berusia lebih dari 35 tahun. Periodontitis yang dimulai pada masakanak-kanak dan mereka yang berusia muda disebut periodontitis agresif.

Penyebab & FaktorRisiko

Penyebab

Plak pada gigi dicurigai merupakanpenyebab periodontitis. Plak terbentuk pada gigi ketika zat tepung dan gulapada makanan berinteraksi dengan bakteri yang secara normal ditemukan padamulut. Plak yang tidak dihilangkan lebih dari dua sampai tiga hari dapatmengeras di bawah lapisan gusi dan menjadi Tartar. Tartar membuat plak lebihsulit dibersihkan dan anda membutuhkan pembersihan gigi oleh professional.

Faktor risiko

Faktor yang dapat meningkatkanrisiko periodontitis antara lain:

§ Gingivitis
§ Keturunan
§ Rendah kebersihan gigi
§ Penggunaan tembakau
§ Diabetes
§ Berusia lanjut
§ Rendahnya imunitastubuh, seperti pada mereka dengan leukemia atau HIV/AIDS
§ Kurang gizi
§ Obat tertentu
§ Perubahan hormon,seperti yang berkaitan dengan kehamilan
§ Penyalahgunaan zat
Pencegahan

Cara terbaik mencegah periodontitisadalah menjaga kebersihan mulut dengan baik secara konsisten seperti menyikatgigi secara teratur. Selain itu secara rutin periksakan kondisi gigi andake dokter gigi.

No comments:

Post a Comment