Powered By Blogger
http://arif-healthy.blogspot.com/

Sunday, January 29, 2012

Alergi Susu


Alergi susu adalah alergimakanan yang paling umum pada anak-anak. Selain susu sapi biasa, susu kambing,domba dan kerbau juga dapat menimbulkan reaksi alergi. Dan beberapa anak yangalergi terhadap susu sapi juga memiliki alergi terhadap susu kedelai.


Alergi susu biasanya terjadibeberapa menit sampai beberapa jam setelah anda mengkonsumsi susu. Tanda dangejala alergi susu bervariasi dari ringan sampai parah dan dapat terjadi sesaknapas, muntah, bintik kemerahan yang gatal pada kulit dan masalah padapencernaan. Pada kasus yang langka, alergi susu dapat menyebabkan anaphylaxis–reaksi parah yang mengancam jiwa.

Menghindari produk susu adalah caraterbaik mengobati alergi. Kebanyakan anak akan mengalami alergi susu pada usia3 tahun.

Gejala :

Gejala alergi susu berbeda-beda padasetiap orang dan terjadi dalam beberapa menit sampai beberapa jam setelahmencerna susu.

Tanda dan gejala alergi susu yangterjadi segera setelah mengkonsumsi susu antara lain:

§ Bintik merah dengan rasagatal pada kulit
§ Napas sesak
§ Muntah
Tanda dan gejala alergi susu yangmembutuhkan lebih banyak waktu untuk muncul antara lain:

§ Kotoran encer, yangdapat mengandung darah
§ Diare
§ Kram pada perut
§ Batuk atau sesak napas
§ Hidung berair
§ Mata berair
§ Ruam kulit yang gatal,sering di sekitar mulut
§ Colic, pada bayi
Alergi susu atau milk intolerance(ketidakmampuan mencerna susu)?

Penting untuk membedakan antara alergi susu dengan ketidaktoleran terhadap susuatau laktosa. Tidak seperti alergi susu, ketidaktoleran terhadap susu tidakterkait dengan sistem imun tubuh. Ketidaktoleran terhadap susu menyebabkangejala yang berbeda dan membutuhkan pengobatan yang berbeda pula dari alergisusu. Tanda dan gejala umum dari ketidaktoleran terhadap susu ini antara lainmasalah pada pencernaan, seperti perut kembung atau diare, setelah mengkonsumsisusu atau produk yang mengandung susu.

Anaphylaxis

Pada kasus yang langka, alergi susu dapat menyebabkan anaphylaxis, reaksi yangmengancam jiwa yang dapat mempersempit dan menyumbat jalan napas. Jika andaatau anak anda memiliki reaksi terhadap susu, katakan pada dokter anda mengenaihal ini tidak peduli walaupun reaksinya ringan. Pemeriksaan dapat membantumemastikan alergi susu, sehingga anda dapat mengambil langkah-langkah untukmenghindari reaksi yang buruk di masa mendatang. Anaphylaxis adalah kondisidarurat medis dan membutuhkan perawatan dengan suntik epinephrine (adrenaline).Tanda dan gejala yang dimulai setelah mengkonsumsi susu antara lain:

§ Kerusakan saluranpernapasan, antara lain pembengkakan tenggorokan sehingga sulit untuk bernapas
§ Wajah berkeringat
§ Gatal
§ Terkejut, denganpenurunan tekanan darah yang parah
Penyebab & Faktor Risiko

Penyebab

Semua alergi terhadap susudisebabkan oleh malfungsi sistem imun tubuh. Sistem imun anda mengidentifikasiprotein susu berbahaya bagi tubuh anda, memicu produksi antibodi immunoglobulinE (IgE) untuk menetralisir protein (yang dianggap sebagai alergen). Untukselanjutnya, jika anda mengalami kontak dengan protein tersebut, antibodi IgEini akan mengenalnya dan mengirimkan sinyal kepada sistem imun tubuh untukmelepaskan histamine dan zat kimia lainnya. Histamine dan zat kimia lainnyamenyebabkan berbagai tanda dan gejala. Histamine mengambil peran dalam banyakreaksi alergi, antara lain hidung berair, mata gatal, tenggorokan kering, ruam,bintik merah yang terasa gatal, mual, diare, napas sesak dan anaphylaxis.

Ada dua jenis protein dalam sususapi yang dapat menyebabkan reaksi alergi:

§ Casein, yang ditemukandalam bagian padat susu yang beku
§ Whey, yang ditemukandalam bagian cair susu yang tersisa setelah susu beku
Anda atau anak anda mungkin memilikialergi hanya terhadap satu protein susu atau keduanya. Protein ini tidak hanyaterdapat pada susu, tetapi juga pada makanan. Sebagai tambahan, kebanyakan darimereka yang memiliki reaksi terhadap susu sapi juga alergi terhadap susu domba,kambing dan kerbau. Mereka yang memiliki alergi terhadap susu sapi juga dapatmemiliki alergi terhadap susu kedelai.

Faktor risiko :

Faktor tertentu dapat membawa andake dalam risiko mengalami alergi susu, antara lain:

§ Alergi lain. Banyak anakdengan alergi terhadap susu juga memiliki alergi lainnya. Seringkali alergisusu adalah yang pertama muncul.
§ Atopic dermatitis. Anakdengan reaksi kulit jenis ini lebih mungkin mengalami alergi makanan.
§ Sejarah keluarga. Andaberada pada peningkatan risiko alergi makanan jika salah satu atau keduaorangtua anda memiliki alergi terhadap makanan atau jenis alergi lainnya.
§ Usia. Alergi susu lebihumum pada anak-anak. Semakin bertambah usia anda, pencernaan anda akan semakinmatang dan tubuh anda akan lebih kebal bereaksi terhadap susu.
Pencegahan

Tidak ada cara pasti dalam mencegahalergi makanan terjadi untuk pertama kalinya. Tetapi anda dapat mencegah tandadan gejala dengan menghindari makanan yang menyebabkan anda alergi. Jika andamengetahui anda atau anak anda alergi terhadap susu, pastikan untuk menghindariproduk susu. Ketahui apa yang anda atau anak anda makan dan minum. Bacalahlabel makanan secara seksama.

Beberapa penelitian menunjukkanbahwa memberikan ASI sampai empat bulan pertama usia bayi dapat membantumencegah alergi terhadap susu. Pada anak yang telah memiliki alergi terhadapsusu, pemberian air susu ibu dan penggunaan hypoallergenic formula (formulayang terbuat dari enzim untuk menghancurkan protein susu) dapat mencegah reaksialergi.

No comments:

Post a Comment