Powered By Blogger
http://arif-healthy.blogspot.com/

Thursday, December 29, 2011

Khasiat Kandungan Sari Buah Kurma Untuk Kesehatan Dan Pengobatan Penyakit


- Buah Kurma memiliki namailmiah yaitu dactylifera phoenix. Buah Kurma yang rasanya sangat manis inibanyak di jumpai pada hari puasa Ramadhan. Rasanya yang enak dan manis sangatcocok sebagai makanan berbuka puasa. Kandungan gula yang sangat tinggi yang terdapatpada buah Kurma ini bisa langsung di cerna oleh tubuh kita, sehingga saat kitamenjalankan ibadah puasa, seharian tidak makan tubuh akan tetap merasa segar.
Buah Kurma yang masihsegar dagingnya bertekstur lembut dan berserat dan saat di makan rasanya sangatmanis sekali. Pada daging buah kurma ini berisi zat gula sederhana yaitu zatfruktosa dan dekstrosa. Zat-zat ini sangat mudah sekali dicerna dan dapatdengan cepat mengisi energi tubuh.
Kandungan Zat Dalam Buah Kurma:
Dalam buah Kurma yangtelah matang banyak mengandung gula kurang lebih sekitar 80%, kandungan zatlainnya adalah protein, lemak, mineral, zat besi, zat magnesium serta zat asamfolat. Selain itu buah Kurma juga sangat kaya akan serat dan menjadi sumber kaliumyang sangat baik sekali. Dalam 5 butir buah kurma ( kurang lebih sekitar 45gram) kurang lebih berisi kandungan zat 115 kalori, dan hampir semuanya adalahzat karbohidrat.
Khasiat Dan Manfaat Buah KurmaUntuk Kesehatan Dan pengobatan Penyakit
1. Buah Kurma jugamerupakan sumber vitamin A, dan telah dikenal memiliki sifat antioksidansehingga sangat penting sekali dan bermanfaat untuk kesehatan mata. Vitamin Aini juga sangat diperlukan untuk menjaga kulit agar selalu tetap sehat. Apabilasering mengkonsumsi buah-buahan alami yang banyak mengandung vitamin Adiketahui bisa untuk membantu melindungi terjadinya penyakit kanker paru-parudan rongga mulut.
2. Buah Kurma jugamenjadi sumber zat besi yang sangat baik sekali. Zat besi merupakan satu komponendari hemoglobin yang terdapat di dalam sel darah merah yang bisa menentukandaya dukung oksigen darah.
3. Pada buah kurma inibanyak sekali mengandung serat dan dapat mencegah penyerapan kolesterol LDLyang terjadi dalam usus. Selain itu kandungan serat yang terdapat dalam buahkurma juga dapat membantu melindungi selaput lendir pada usus dengan mengurangipaparan dan dapat mengikat bahan kimia yang dapat menyebabkan terjadinya kankerusus besar.
4. Kandungan zat kaliumyang terdapat di dalam buah kurma merupakan komponen sangat penting dari seldan cairan tubuh yang bermanfaat untuk membantu mengendalikan denyut jantungdan tekanan darah, hali ini akan memberikan perlindungan terhadap seranganpenyakit jantung koroner dan penyakit stroke.
5. Khasiat Kurmaselanjtnya adalah sebagai makanan laksatif (laxative food), buah kurma sangatbermanfaat untuk melancarkan buang air besar serta dapat mencegah konstipasi.
6. pada buah Kurma jugamengandung zat antioksidan yang dikenal juga sebagai tanin. Tanin ini berfungsisebagai anti-infeksi, anti-inflamasi serta anti-hemoragik.
7. Kandungan zat Kalsiumyang ada dalam buah Kurma merupakan mineral yang sangat penting untukpembentukan tulang dan gigi, dan sangat dibutuhkan sekali oleh tubuh untukkontraksi otot, penggumpalan pada darah serta konduksi impuls saraf.
8. Zat Tembaga pada Kurmadiperlukan oleh tubuh dalam memproduksi sel darah merah.
9. Zat Magnesium dalmbuah Kurma sangat penting sekali untuk pertumbuhan tulang.
10. Kandungan Mangan dalmKurma digunakan oleh tubuh sebagai bagian dari unsur pendukung untuk enzimantioksidan superoksida dismutase.

No comments:

Post a Comment