Powered By Blogger
http://arif-healthy.blogspot.com/

Wednesday, December 21, 2011

Fakta Mengejutkan Yang Terjadi Pada Tubuh Setelah Berhenti Merokok

Fakta Mengejutkan Yang Terjadi Pada Tubuh Setelah Berhenti Merokok:
Pelajari apa yang terjadi pada tubuhAnda setelah sejam, sehari, sebulan, setahun bahkan sepuluh tahun setelah Andamenghenti kan kebiasaan merokok. Fakta ini mungkin dapat mengejutkan Anda.
Anda pasti tahu seberapa burukkebiasaan merokok bagi kesehatan Anda. Dan waktu terbaik untuk berhenti? Detikini. Hanya dalam waktu 20 menit Anda akan mulai merasakan manfaat dari tidakmerokok, dan dalam waktu cukup singkat, Anda telah menurunkan resiko penyakitjantung, stroke, serangan jantung, kanker paru-paru, dan kondisi berbahaya lainnya.
Penasaran berapa lama nikotin akanbertahan di tubuh Anda? Gejala apa yang akan Anda alami saat Anda berusahaberhenti merokok? Ingin tahu penyakit apa saja yang disebabkan dengan merokok?Berapa hari bebas tembakau yang akan membuat tubuh Anda memulihkan diri dantidak lagi berada pada resiko bahaya rokok?Berikut ini adalah timeline apa yangakan terjadi pada tubuh Anda saat Anda berhenti merokok.
20 menit setelah Anda berhentimerokok. Pengaruh akibat Anda berhenti merokok akan segera diatur oleh tubuhAnda. Kurang dari 20 menit setelah rokok terakhir Anda, detakjantung Anda akan mulai menurun kembali ke tingkat normal.
2 jam setelah Anda berhenti merokok.Setelah dua jam tanpa rokok, denyut jantung dan tekanan darah akan mengalamipenurunan mendekati tingkat yang sehat. Sirkulasi perifel Anda juga mungkinmeningkat. Perhatikan ujung jari kaki dan tangan Anda – karena mungkin akanmulai terasa hangat. Gejala penghentian nikotin biasanya dimulai sekitar duajam setelah Anda mengisap rokok terakhir Anda. Gejala awal biasanya cenderungbersifat emosional, termasuk:
§ Sangat ingin merokoksecara terus-menerus§ Merasa cemas, tegangatau frustrasi§ Mengantuk atau kesulitantidur§ Nafsu makan meningkatUntuk melawan gejala-gejala ini,cobalah untuk mengakuinya dengan rasionalisasi dan menuliskannya. Jangan menipudiri Anda dengan merokok lagi karena hal itu justru hanya akan membuat Andajengkel.
12 jam setelah Anda berhentimerokok. Karbon monoksida – yang dapat menjadi racun bagi tubuh pada tingkattinggi – dilepaskan dari pembakaran tembakau dan dihirup sebagai bagian dariasap rokok. Karena karbon monoksida terikat baik dengan sel darah, kandungantinggi dari zat ini dapat mencegah sel darah untuk mengikat oksigen, yang padaakhirnya dapat menyebabkan masalah jantung yang serius. Hanya dalam waktu 12jam setelah berhenti merokok, karbon monoksida dalam tubuh Anda akan menurun ketingkat normal, dan kadar oksigen dalam darah Anda akan meningkat sampaitingkat normal.
24 jam setelah Anda berhentimerokok. Rata-rata serangan jantung di kalangan perokok 70%lebih tinggidaripada yang tidak merokok. Namun, percaya atau tidak, hanya sehari penuhsetelah Anda berhenti merokok, resiko serangan jantgung Anda sudah mulaimenurun. Meskipun Anda belum sepenuhnya bebas, namun Anda sudah berada di jalanyang benar.
48 jam setelah Anda berhentimerokok. Merokok mungkin tidak mengancam nyawa, namun indra yang mati –terutama indra penciuman dan perasa – merupakan salah satu konsekuensi yangjelas dari rokok. Untungnya, setelah 48 jam tanpa rokok, ujung saraf Anda akanmulai tumbuh kembali, dan kemampuan Anda untuk mencium dan merasa akanmeningkat. Hanya sedikit waktu lagi, Anda akan kembali menghargai hal-hal yanglebih baik dalam kehidupan.
72 jam setelah Anda berhentimerokok. Pada titik ini, nikotin akan benar-benar keluar dari tubuh Anda.Sayangnya, gejala yang timbul akibat berhenti merokok akan mencapai puncaknyadi sekitar waktu ini. Anda mungkin akan mengalami beberapa gejala fisik sepertisakit kepala, mual, atau kram di samping gejala emosional yang telah disebutkansebelumnya. Untungnya, gejala fisik ini akan berlalu dengan cepat.
Untuk melawan gejala mental,pertimbangkan untuk menghargai diri Anda yang tidak lagi merokok: gunakan uangyang biasanya Anda habiskan untuk membeli rokok dengan menghabiskan makan malamdi restoran yang bagus.
2 sampai 3 minggu setelah Andaberhenti merokok. Setelah beberapa minggu, Anda akan mulai benar-benar merasaberbeda. Anda pada akhirnya bisa berolahraga dan melakukan aktivitas fisik tanpamerasa kehabisan nafas dan sakit. Hal ini disebabkan sejumlah prosesregeneratif yang mulai terjadi dalam tubuh Anda; sirkulasi tubuh Anda akan meningkat, dan fungsi paru-paru Anda juga akan meningkat secarasignifikan. Setelah dua atau tiga minggu tanpa rokok, paru-paru Anda akan mulaiterasa lega, dan Anda akan mulai bernafas dengan lebih mudah.
Bagi kebanyakan perokok, gejala yangtimbul akibat berhenti merokok akan hilang dua minggu setelah berhenti merokok.
1 sampai 9 bulan setelah Andaberhenti merokok. Sekitar sebulan setelah Anda berhenti merokok, paru-paru Andaakan mulai beregenerasi. Di dalam paru-paru, silia – rambut halus – sepertiorganel yang mendorong lendir keluar – mulai memperbaiki diri dan kembaliberfungsi dengan baik. Dengan silia yang kembali dapat berfungsi dengan baik,akan menolong mengurangi resiko Anda terkena infeksi. Dengan paru-paru yangberfungsi sebagaimana mestinya, batuk dan sesak nafas yang Anda alami akanterus menurun secara dramatis.
Bahkan untuk para perokok berat,gejala yang timbul akibat berhenti merokok tidak akan lagi terasa beberapabulan setelah berhenti dari merokok.
1 tahun setelah Anda berhentimerokok. Menandai satu tahun berhentinya Anda dari kebiasaan merokok merupakanhal yang besar. Setelah setahun tanpa rokok, resiko Anda terkena seranganjantung akan menurun sampai 50% dibandingkan ketika Anda masih merokok. Caralain untuk melihat pada kemajuan ini adalah seorang perokok dua kali lebihmungkin dibandingkan Anda untuk menderita semua jenis penyakit jantung.
5 tahun setelah Anda berhentimerokok. Sejumlah zat dilepaskan dalam proses pembakaran tembakau – karbon monoksidamerupakan salah satu di antaranya – akan menyebabkan pembuluh darah Andamenyempit, yang meningkatkan resiko Anda mengalami stroke. Setelah 5-15 tahunbebas dari rokok, resiko Anda untuk memgalami stroke sama dengan mereka yangbukan perokok.
10 tahun setelah Anda berhentimerokok. Para perokok memiliki resiko yang lebih tinggi dibandingkan merekayang tidak merokok untuk daftar menakutkan dari penyakit kanker, dengan kankerparu-paru menjadi yang paling umum dan salah satu jenis yang paling berbahaya.Merokok menyumbang 90% kematian akibat penyakit paru-paru di seluruh dunia. Halini akan memakan waktu 10 tahun, namun jika Anda berhenti, resiko kematianakibat kanker paru-partu akan turun 50% dibandingkan mereka yang merokok. 10tahun setelah Anda berhenti merokok, resiko Anda dari kanker mulut,tenggorokan, kerongkongan, kandung kemih, ginjal dan pankreas juga akanmenurun.
15 tahun setelah Anda berhentimerokok. 15 tahun tanpa merokok akan membawa resiko penyakt jantung kembali ketingkat yang sama dengan mereka yang memang bukan perokok. Anda tidak akan lagiberada pada posisi yang lebih tinggi dari normal untuk berbagai kondisi sepertiserangan jantung, penyakit koroner, arhitmia, angina, infeksi jantung maupunkondisi yang mempengaruhi irama detak jantung Anda.Manfaat jangka panjang darimenghentikan kebiasaan merokok sangatlah fantastis. Menurut Asosiasi JantungAmerika, mereka yang tidak merokok rata-rata hidup 14 tahun lebih lamadibandingkan para perokok. Berhenti hari ini, dan Anda akan memperpanjangrentang hidup Anda dan menghidupi tahun-tahun ekstra dengan sistemkardiovaskular yang dapat berfungsi, saat Anda aktif dan merasa luar biasa.
Apakah Anda siap berhenti? Berhentimemang tidak mudah, namun hal itu sangat layak untuk diperjuangkan, dan adasumber daya yang tersedia untuk membantu Anda berhenti hari ini. Apakah Andasiap untuk menikmati manfaat dari hidup bebas asap rokok?
Sumber : kimiafarmaapotek.com Artikel lainnya :- Mastitis, Sebabkan Nyeri dan Bengkak Pada Payudara...- 10 Penyebab Anjloknya Libido Wanita - MADU Mengurangi Resiko Penyakit Jantung - Preeclampsia atau Toxemia

No comments:

Post a Comment