Powered By Blogger
http://arif-healthy.blogspot.com/

Thursday, November 10, 2011

badan Lesu tidak bergairah

badan Lesu tidak bergairah?: Badan yang lesu dan tidak fit bisa disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor kejiwaan dan faktor kelelahan. Jika ditinjau dari sistem metabolisme tubuh, pertukaran zat badan yang tidak sehat, tidak fit dikarenakan keadaan yang tidak seimbang didalam tubuh.

Energi yang keluar tidak seimbang dengan suplai makanan yang masuk. Juga bisa terjadi jika sistem metabolisme tubuh tidak baik mengakibatkan badan loyo,tidak bergairah. Didalam tubuh ada enzim yaitu zat yang melancarkan proses kimiawi dalam tubuh. Bila kekurangan enzim akan terjadi gangguan pertukaran zat dalam tubuh yang mengakibatkan otot kaku, daya pikir berkurang , dan badan menjadi lemah.

Untuk melancarkan enzim dan pertukaran zat dalam tubuh diperlukan vitamin golongan B, atau vitamin B kompleks. Vitamin B1 sumber enzim untuk memecah zat hidrat arang. Kekurangan vitamin B1 berarti kekurangan enzim yang mengakibatkan asam laktat dan asam piruvat akan tertimbun dalam sel tubuh sehingga membuat badan menjadi loyo.

Untuk itu diperlukan asupan vitamin B1,B6 untuk kelancaran sistem metabolisme syaraf. Untuk melancarkan metabolisme bahan asam atau protein diperlukan vitamin B12, sedangkan vitamin B1,B12,B6 untuk pembentukan zat besi. Maka dari itu jika badan kita terasa loyo dan tidak bergairah perlu mengkonsumsi vitamin B kompleks.

No comments:

Post a Comment